Blog yang berisi tengtang tips dan trik internet,softwere, freewere, Android

Tianhe-2: Komputer Tercepat Di Dunia 2013

Berdasarkan daftar Top 500 yang dirilis Rabu (20/11), Superkomputer Tianhe-2 asal Cina merupakan yang paling cepat di dunia saat ini. Tianhe-2 memiliki kemampuan beroperasi secepat 33,86 petaflops per detik.

Superkomputer Tianhe-2 dikembangkan sendiri oleh Universitas Teknologi Pertahanan Nasional Cina. Tianhe-2 menggunakan teknologi yang hampir keseluruhannya dikembangkan dan dibangun di Cina, kecuali chip komputasi. Untuk chip komputasi, Superkomputer Tianhe-2 menggunakan intel.

Sistem operasi, sistem interkoneksi, prosesor front-end, perangkat lunaknya dan fitur-fitur lainnya dari sistem ini sepenuhnya dikembangkan di Cina.




Sebelum ditetapkannya Superkomputer Tianhe-2 sebagai yang tercepat, gelar superkomputer tercepat di dunia tersebut dipegang oleh Titan dengan kinerja 17,59 petaflops/detik. Namun untuk saat ini, Titan yang dirancang AS menduduki posisi runner-up dalam daftar Top 500.

Pendahulu Superkomputer Tianhe-2, yaitu Tianhe-1A, pada November 2010 menempati posisi pertama. Akan tetapi dalam enam bulan berikutnya, tempat pertama direbut oleh komputer Fujitsu asal Jepang.

Sekarang, Tianhe-1A hanya ada di urutan 12 dalam daftar Top 500. Sementara Sequoia dari AS merupakan superkomputer tercepat ketiga yang memiliki kinerja 17,17 petaflops/detik. Posisi selanjutnya ditempati komputer Fujitsu dengan kinerja operasi hanya 10,51 petaflops/detik.

The Top 500 list untuk komputer dirilis sebanyak dua kali dalam setahun sejak Juni 1993. The Top 500 list dianggap sebagai pemegang otoritas penentu peringkat superkomputer dunia.

Posting mengenai  Superkomputer Tianhe-2 semoga mengilhami para pakar IT Indonesia untuk membuat superkomputer. Jangan lupa untuk membaca artikel sebelumnya, 10 Tips Membuat Profil Linkedin Menarik Perhatian. 
Tag : berita tekno
0 Komentar untuk "Tianhe-2: Komputer Tercepat Di Dunia 2013"
Back To Top